Kapan Anak Harus ke Dokter Mata?


Dokter Mata | Dokter Mata di Jakarta
Foto: omnieye.ca


Siapa pun membutuhkan pemeriksaan mata ke dokter mata, terutama anak-anak. Anak Anda bisa saja memiliki peningkatan risiko masalah penglihatan karena adanya riwayat keluarga dengan penglihatan buruk.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa satu dari empat anak memiliki masalah penglihatan. Parahnya, hanya setengah dari orangtua dengan anak-anak berusia 12 tahun ke bawah yang membawa anak mereka ke dokter mata untuk melakukan pemeriksaan mata.

Tanda-tanda penglihatan mata anak terganggu biasanya dapat dilihat dengan kasat mata. Jika anak duduk terlalu dekat dengan layar TV, menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk dapat melihat lebih baik sebaiknya anak harus melakukan pemeriksaan di usia lebih muda.

The American Optometric Association merekomendasikan agar anak-anak mendapatkan pemeriksaan mata ketika mereka berusia 6 bulan. Hal ini biasanya dapat dilakukan oleh dokter anak dengan melakukan beberapa tes sederhana untuk memastikan penglihatan anak. Bahkan jika mata anak baik-baik, mereka tetap harus diperiksa pada usia 3 tahun dan kemudian sebelum anak-anak masuk SD. Selanjutnya, silahkan kunjungi dokter mata setiap dua tahun sekali.

Namun, setiap dokter mata memiliki pendapat berbeda untuk melakukan pemeriksaan mata rutin. Diskusikan masalah ini dengan dokter mata kepercayaan Anda sebelumnya.


Oleh: Innes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment