Tip Mudah untuk Mata Sehat

Sumber: goodhealth.co.nz

Mata merupakan bagian penting dalam kesehatan. Untuk menjaganya, ada beberapa cara untuk membuatnya tetap sehat. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan mata Anda.

1. Tahu riwayat kesehatan mata keluarga. Tanyakan keluarga mengenai riwayat kesehatan mata keluarga Anda, sehingga membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda berisiko tinggi mengembangkan suatu gangguan mata.

2. Konsumsi makanan yang baik bagi mata. Anda mungkin pernah mendengar wortel amat baik bagi mata. Tapi mengonsumsi buah dan sayuran, terutama sayuran hijau, juga penting. Jangan lupa masukkan ikan salmon, tuna dan halibut yang kaya akan asam lemak omega-3.

3. Beri mata istirahat. Jika Anda menghabiskan waktu cukup lama di komputer atau TV, coba lakukan aturan 20-20-20; setiap 20 menit berpalinglah untuk melihat objek berjarak 20 meter di depan Anda selama 20 detik. Hal ini akan membantu mengurangi kelelahan mata.

4. Bersihkan tangan sebelum memegang kontak lensa. Untuk menghindari risiko infeksi, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum memasang atau melepaskan kontak lensa. Cara ini memang cukup ribet, kecuali jika Anda mau melakukan lasik mata. Operasi lasik menjadi pilihan banyak orang yang sudah jenuh menggunakan kacamata maupun kontak lensa.

5. Jauhi rokok. Merokok memang merusak kesehatan, termasuk mata. Penelitian mengaitkan bahaya rokok dengan risiko degenerasi makular, katarak dan kerusakan saraf optik yang semuanya dapat menyebabkan kebutaan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment