Teknologi Laser Untuk Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: healthxchange.com.sg

Pengobatan katarak diperlukan demi mencegah terjadinya masalah penglihatan kabur. Meskipun selalu dikaitkan dengan penuaan, katarak merupakan penyebab kebutaan di dunia. Makanya, setiap individu disarankan untuk selalu melakukan pengecekan mata rutin ke dokter mata.

Mata katarak dapat diobati dengan pembedahan lensa pengganti. Namun tak bisa diungkiri bahwa prosedur tersebut sangat mahal, membutuhkan peralatan khusus dan ahli mata terampil. Oleh karena itu, pengobatan katarak yang dapat diterima semua orang dengan teknik yang lebih murah diperlukan.

Line Kessel, seorang dokter mata di t Glostrup Hospital of the University of Copenhagen, Denmark, menawarkan alternatif yang menjanjikan untuk pengobatan katarak. Dalam penelitiannya, mereka menggunakan laser untuk menghancurkan daerah berawan keputihan di lensa mata. Teknologi laser membantu mengembalikan protein di lensa ke strukturnya yang tepat. Dengan teknologi ini pula, operasi menjadi lebih aman, cepat dan efektif.

"Pengobatan katarak dengan laser melibatkan sebuah perangkat khusus yang disebut laser femtosecond yang akan membuat sayatan ke dalam mata. Laser mengurus langkah-langkah awal dari operasi katarak yang sebelumnya dilakukan secara manual," ungkap dokter mata Dr. Eric Donnenfeld dari  Ophthalmic Consultants of Long Island.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment