Cegah Infeksi Pasca Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: calgaryoptometry.com

Endophthalmitis merupakan masalah komplikasi serius komplikasi pengobatan katarak dengan operasi. Bakteri yang beredar melalui aliran darah ke dalam mata atau telah memasuki mata melalui luka bedah atau luka biasa akan memicu masalah endophthalmitis. Akibatnya, banyak pasien yang mengeluhkan masalah mata kemerahan, nyeri, kepekaan terhadap cahaya hingga memburuknya penglihatan. Jika mengalami keadaan seperti ini, segera temui dokter untuk dilakukan tindakan mengatasi endophthalmitis.

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengatasi infeksi yang tak diinginkan, termasuk menjaga strerilasi. Bakteri dapat masuk ke mata selama operasi mata katarak. Jika pasien bisa memastikan permukaan matanya aman, serta peralatan operasi dan lensa buatan IOL steril sebelum dimasukkan ke mata, maka risiko infeksi bisa dicegah. Selain itu, panjangnya sayatan juga dapat memungkin bakteri masuk ke mata. 

Lantas, jika endophthalmitis muncul setelah satu atau dua minggu pasca operasi, kapan bakteri masuk ke mata? Bakteri bisa saja masuk saat operasi atau setelah operasi, karena beberapa bakteri dapat hidup di mata setelah beberapa minggu bahkan berbulan-bulan sebelum menunjukkan tanda-tanda inflamasi. 

{ 1 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Sifilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Sifilis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS). Umumnya, infeksi ini menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain melalui hubungan intim, bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya, misalnya melalui darah.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.

Post a Comment