2 Penyebab Mata Katarak Akibat Penuaan


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: noraeyecare.optometry.net

Faktanya, penglihatan bisa mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Ketika Anda mencapai usia 60-an, maka Anda seharusnya memperhatikan tanda-tanda peringatan dari berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Pasalnya, banyak penyakit mata yang tidak menunjukkan gejala awal. Penyakit mata ini berkembang tanpa rasa sakit dan Anda mungkin tidak menyadari perubahan tersebut sampai kondisi kian parah.

Mata katarak merupakan salah satu gangguan penglihatan yang harus diwaspadai. Meskipun selalu dikaitkan dengan penuaan, katarak dapat terjadi akibat berbagai penyebab, seperti diabetes, infeksi/luka di mata, kebiasaan merokok hingga paparan sinar matahari. Namun, katarak terkait penuaan umumnya dapat terjadi dengan dua cara berikut ini:
1. Gumpalan protein mengurangi ketajaman gambar mencapai retina.

2. Lensa mata yang sebagian besar terdiri dari air dan protein. Ketika protein menumpuk di atas lensa, maka akan mengurangi cahaya masuk ke retina. 

Ketika katarak masih berukuran kecil, kekeruhan hanya mempengaruhi sebagian kecil dari lensa mata. Namun lambat laun, katarak akan tumbuh dan dapat memperburuk penglihatan. Lensa alami juga akan berubah menjadi warna kekuningan atau kecokelatana. Perubahan warna ini membuat penderita katarak kesulitan membaca atau melakukan kegiatan rutin lainnya. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment