Kenali Komplikasi Pengobatan Katarak: Retina Edema


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: medicalxpress.com

Operasi mata, termasuk pengobatan katarak, dapat meningkatkan risiko berkembangnya retina edema atau makula edema akibat pembuluh darah yang bocor. Proses bedah menyebabkan peradangan di mata. Retina bisa menjadi bengkak setelah operasi katarak karena peradangan intraokular. Jenis makula edema yang berkembang setelah operasi mata katarak disebut edema makula cystoid. 

Edema makula cystoid menyebabkan penglihatan kabur pada pasien setelah operasi katarak. Jauh lebih berisiko terhadap penglihatan dibandingkan komplikasi pengobatan katarak lain dengan operasi, yaitu  retinal detachment atau endophthalmitis. Sekitar 1-3 persen pasien yang menjalani operasi katarak mengeluhkan mengalami penurunan penglihatan karena edema makula cystoid selang beberapa minggu setelah operasi. Jika gangguan tersebut muncul dalam satu mata, maka ada peningkatan risiko hingga 50 persen mempengaruhi di mata lainnya. Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan pengobatan yang benar. 

Jika Anda memiliki edema makula cystoid setelah operasi katarak, maka pengobatan awal yang dilakukan dokter bedah mata adalah memberikan obat tetes mata dan obat oral. Jika edema makula cystoid tidak merespons kedua obat tersebut, langkah berikutnya adalah memberikan suntikan obat prednison di belakang mata. Suntikan tidak menimbulkan rasa sakit, namun mata mungkin terasa bengkak dan nyeri selama satu atau dua hari sesudahnya. Seandainya suntikan tidak menyelesaikan masalah, maka operasi mungkin direkomendasikan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment