Bagaimana Mata Katarak Mempengaruhi Penglihatan?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: express.co.uk

Mata katarak memang mengganggu penglihatan normal setiap orang. Lensa mata yang sehat terdiri dari air dan protein, serta berwarna transparan. Seiring bertambahnya usia, perubahan terjadi pada lensa, termasuk protein tersebut menggumpal, sehingga menyebabkan perkembangan mata katarak. Daerah berawan putih keruh yang menyebar di atas lensa mata akan mengurangi ketajaman gambar mencapai retina. 

Ketika mata katarak masih berukuran kecil, kekeruhan hanya mungkin tidak akan dirasakan oleh penderitanya. Seiring waktu, mata katarak akan berkembang menjadi lebih besar sehingga menyebabkan pandangan kabur. Nah, selain perubahan ukuran, lensa mata Anda juga akan berubah warna secara perlahan-lahan menjadi kekuningan atau kecokelatan. Perubahan warna ini juga akan mempengaruhi ketajaman penglihatan.

Jenis katarak juga mempengaruhi penglihatan penderitanya. Katarak yang muncul di tengah lensa (katarak subkapsular) mengakibatkan gejala seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda dan silau terhadap cahaya. Sementara katarak yang terletak di tepi luar lensa dapat menyebabkan sedikit gangguan penglihatan yang mungkin tak disadari penderitanya. Tentu saja, pengobatan katarak menjadi satu-satunya jalan agar penderitanya bisa melihat dengan normal. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment