Penuaan, Si Kambing Hitam Mata Katarak


Sumber: murdocheye.com.au

Mata katarak merupakan kondisi di mana terjadi kekeruhan di lensa mata, bagian transparan dari mata yang kita gunakan untuk memfokuskan objek. Sebagian besar kasus mata katarak disebabkan oleh perubahaan yang berkaitan dengan usia. Namun, penuaan bukanlah syarat mutlak pemicu munculnya mata katarak. Penelitian sudah membuktikan bahwa anak muda juga bisa mengalami masalah penglihatan yang sama akibat dari penyakit diabetes, pengonsumsian obat-obatan tertentu, kebiasaan merokok hingga terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

National Eye Institute menunjukkan bahwa istilah katarak berkaitan dengan usia sangatlah menyesatkan. Banyak orang memiliki katarak ukuran kecil di usia muda, yaitu 40-an hingga 50-an, meskipun penglihatan mereka belum terlalu terganggu. Namun, katarak yang mereka alami akan terus berkembang seiring usia, sehingga akhirnya mempengaruhi penglihatannya.

Pengobatan katarak dengan operasi menjadi pilihan terbaik. Lensa alami mata yang sudah keruh akan dihapus dan diangkat dengan yang baru. Kini, semakin baik orangtua maupun anak muda sudah banyak yang memilih melakukan operasi katarak sesegera mungkin. 

"Rata-rata orang ingin menjadi lebih aktif. Mereka memiliki tuntutan mengenai kemampuan penglihatannya, seperti mengemudi di malam hari hingga aktivitas harian seperti pekerjaan di kantor yang memang menuntut mereka dapat melihat dengan baik. Dan itulah mengapa mereka mencari operasi yang cepat dan aman agar tetap independen, tetap aktif dan terus bekerja," ungkap dokter mata Dr. Jay Erie, yang dilansir dari Minn Post.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment