Apa Itu Penglihatan 20/20?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: firmoo.com

Ketika seseorang melakukan pengobatan katarak maupun operasi lasik, tujuan awalnya untuk mendapatkan penglihatan 20/20. Tapi apakah Anda mengerti apa itu 20/20?

Penglihatan 20/20 merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mengekspresikan ketajaman visual normal (kejelasan atau ketajaman penglihatan) yang diukur pada jarak 20 kaki. Angka pertama menunjukkan jarak, sementara angka kedua menunjukkan ukuran huruf di mana Anda bisa melihat dan membacanya. Jika Anda memiliki penglihatan 20/20, Anda dapat melihat dengan jelas pada jarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

Lantas mengapa jarak 20 meter menjadi patokan? Menurut Dr. A. Tim Johnson, profesor Ophthalmology, ketika seseorang melihat sebuah benda sejauh 20 kaki, mata cenderung lebih santai dalam melihat. Mata tak perlu bekerja keras untuk mencari cahaya agar dapat memfokuskan gambar di retina. Untuk melihat benda-benda yang jaraknya tidak sampai 20 kaki, lensa mata harus mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata.

Data dari American Optometric Association mengungkapkan bahwa hanya sekitar 35 persen orang dewasa yang memiliki penglihatan 20/20 tanpa bantuan kacamata, lensa kontak atau operasi korektif. Ketajaman penglihatan berkembang sejak awal kehidupan, yaitu sekitar usia 6 bulan. Beberapa anak kehilangan penglihatan 20/20 saat berusia 8 atau 9 tahun ketika anak menjadi rabun jauh. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment