Penglihatan Ganda Pasca Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: Google

Memiliki mata katarak memang tidak akan merasakan sakit. Namun, memiliki katarak di mata dapat mengganggu penglihatan secara berkala. Pada kebanyakan kasus, pengobatan katarak banyak dilakukan agar penderita dapat beraktivitas normal kembali. Dan mengganti lensa alami mata dengan lensa intraokular akan mewujudkannya.

Operasi katarak cenderung dilakukan dalam waktu singkat. Pasien juga tak perlu menjalani rawat inap di rumah sakit. Akan tetapi, pasien yang hendak melakukan prosedur bedah menggunakan laser di mata ini harus mengetahui efek samping apa yang akan mungkin dialaminya setelah menjalani operasi tersebut.

Risiko penglihatan ganda atau juga dikenal dengan nama diplopia merupakan salah satu masalah yang mungkin bisa dialami setiap pasien operasi katarak. Hal ini terjadi karena proses penghapusan daerah keruh di lensa alami mata maupun penggantian lensa mata tidak dilakukan dengan benar. 

Diplopia biasanya disebabkan oleh dua mata yang tidak selaras satu sama lain. Setiap mata melihat objek, tapi karena keduanya tidak fokus, maka otak akan menafsirkan objek tersebut sebagai dua benda. Masalah ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata Anda, Jadi, alangkah bijaknya Anda berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui mengenai risiko dan cara mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum melakukan pengobatan katarak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment