Operasi Lasik Mengubah Warna Bola Mata?


Operasi Lasik | Operasi Lasik Mata
Sumber: southbaylasereyecenter.com

Warna mata memang berbeda-beda setiap orang. Ada yang biru, cokelat, abu-bau atau hijau. Sebagian orang cenderung menggunakan lensa kontak berwarna untuk mengubah warna matanya. Meskipun begitu, kondisi medis tertentu dapat mengubah warna mata seseorang. Kondisi medis tersebut adalah Fuch’s heterochromic uveitis, pigmentary glaucoma dan Horner’s syndrome.

Fuch’s heterochromic uveitis menyebabkan peradangan di bagian depan mata. Peradangan ini menyebabkan perubahan warna iris mata, dan meningkatkan risiko pasien mengembangkan glaukoma dan katarak. Sementara pigmentary glaucoma ditandai dengan cairan di belakang kornea yang mengganggu bagian belakang iris dan bahkan di sisi depan iris. Kondisi ini menyebabkan perubahan warna, dan setiap mata dapat mengembangkan warna yang berbeda.

Satu lagi, Horner’s syndrome merupakan kondisi di mana saraf kranial ketiga tidak berfungsi dengan baik. Warna mata yang terkena akan lebih menjadi terang dibandingkan yang lain. Nah, lantas apakah seseorang yang melakukan operasi lasik dapat mengubah warna matanya?

Operasi lasik mata tidak dapat mempengaruhi warna mata. Prosedur ini hanya membentuk ulang kornea bagi para penderita yang mengalami kelainan refraksi mata. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment