Cara Mudah Mengatasi Susu Sapi Pada Anak

Cara Mudah Mengatasi Susu Sapi Pada Anak

Salah satu jenis alergi yang paling memusingkan bagi orang tua adalah alergi susu pada bayi dan anak. Alergi yang menyerang anak ini biasanya terjadi pada anak usia 0 hingga 6 tahun, namun jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut maka alergi ini akan berlanjut hingga usia dewasa. Oleh karena itu penting bagi Bunda untuk segera mengatasi alergi susu sapi pada anak ini agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga.
Mengatasi alergi ini sebenarnya mudah namun memerlukan perhatian yang cukup tinggi. Menggantikan susu formula yang biasa Si Kecil konsumsi dengan susu pengganti memang adalah salah satu pilihan terbaik. Namun, memilih susu formula juga bukan hal yang mudah karena banyak beredar susu formula yang malah membuat Si Kecil semakin terpancing alerginya. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi alergi susu pada anak.

Hindari Produk yang Mengandung Susu Sapi

Salah satu hal yang harus Bunda perhatikan adalah menghindari produk-produk yang mengandung susu sapi. Produk turunan dari susu sapi seperti keju, yoghurt dan lain sebagainya juga harus dihindari karena akan memberikan dampak yang sama seperti susu sapi. Hindari juga olahan makanan yang mengandung susu sapi seperti roti, kue, puding dan lain sebagainya.

Hindari Susu Soya

Banyak orang yang beranggapan bahwa anak yang alergi terhadap susu sapi maka akan lebih aman saat mengonsumsi susu soya atau susu kedelai. Padahal, berdasarkan data yang ada, anak dengan alergi susu sapi biasanya juga memiliki alergi terhadap susu soya dan juga susu kambing. Oleh karena itu, hindarilah produk susu soya. Atau pilihlah susu soya jika Si Kecil memang benar-benar tidak alergi terhadap susu soya.

Utamakan ASI

Jika diagnosis alergi susu anak masih belum pasti maka usahakan untuk tetap memberikan anak ASI. Di dalam ASI terkandung zat antibodi yang sangat baik untuk perkembangan daya tahan tubuh Si Kecil. Selalu berikan ASI eksklusif selama 6 bulan untuk anak. Dengan begini maka kondisi tubuh Si Kecil akan meningkat dan lebih kuat.

Ajak Anak Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi akan memberikan vitamin D yang cukup bagi tubuh. Vitamin D sendiri juga akan menunjang pembentuka antibodi di dalam tubuh sehingga anak akan lebih tahan terhadap alergi yang menyerangnya. Dengan tercukupinya vitamin D pada tubuh Si Kecil maka alergi susu sapi pada Si Kecil akan lebih mudah dilawan.

Ganti Susu Formula dengan Susu Hypoallergenic


Susu hypoallergenic adalah jenis susu formula yang diproses dengan cara khusus sehingga kandungan protein yang ada di dalam susu bisa menjadi lebih halus. Dengan begini maka tubuh akan lebih toleran terhadap susu sapi. Susu hypoallergenic adalah salah satu pilihan paling tepat untuk mengatasi alergi susu sapi pada anak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment