Mengenal Katarak dan Penanganannya

Mata Katarak | Pengobatan Katarak

Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: cedarvalleyeyecare.com

Mata sebagai panca indera terpenting harus selalu dijaga kesehatannya. Ketika Anda mengalami penurunan penglihatan, kacamata, kontak lensa atau pengonsumsian obat-obatan mungkin tidak akan membantu. Aktivitas seperti membaca, belanja, memasak, menulis dan menonton TV terasa amatlah sulit dan mengganggu.

Faktanya, jutaan penduduk Indonesia mengalami penurunan penglihatan setiap tahun. Kondisi ini bisa menyerang siapa pun, walaupun lebih banyak dialami para kalangan lanjut usia.

Penglihatan kabur biasanya disebabkan oleh penyakit mata atau kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, mata katarak yang banyak terjadi  akibat penuaan atau diabetic retinopathy akibat komplikasi diabetes. Meskipun begitu, kondisi ini bisa diatasi dengan treatment dan rehabilitasi penglihatan dengan baik.

Pengobatan katarak yang terbaik adalah dengan melakukan operasi katarak. Prosedur ini tidak lama dan tanpa harus menginap di rumah sakit. Anda tak perlu takut, prosedur ini aman, cepat dan kecil mengalami efek samping. Pada operasi katarak, lensa mata yang sudah memutih akan diangkat dari mata dan diganti dengan lensa buatan. Konsultasikan dengan dokter untuk memilih lensanya.

Pemeriksaan mata secara teratur sangat perlu untuk mengetahui adanya katarak. Bila telah berusia 60 tahun, sebaiknya mata diperiksa setiap tahun.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment